Mengunjungi Api Tak Kunjung Padam Keajaiban Alam di Pamekasan

Di Pulau Madura terdapat sebuah objek wisata dengan fenomena keajaiban alam yang memukau bernama Api Tak Kunjung Padam. Objek wisata ini berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, kabupaten Pamekasan. Hal menarik yang terjadi di tempat ini adalah, semburan api yang keluar dari dalam tanah dan tak pernah bisa padam walau disiram air sekalipun. Meskipun padam karena hujan, api akan segera menyala kembali setelahnya.

Terdapat dua lokasi api di kawasan ini, yaitu “Apoy Lake” (api laki-laki) yang merupakan tujuan wisata utama dan “Apoy Bine” (api perempuan) yang dekat dengan pintu masuk. Titik-titik api yang ada di tempat ini dikelilingi oleh pagar besi pendek dengan akses bukaan untuk keluar masuk pengunjung.

Di tempat ini, para pengunjung bisa berkemah dengan api unggun alam sembari membakar makanan seperti jagung. Banyak juga penduduk sekitar yang memanfaatkan api untuk keperluan memasak. Tak hanya kegiatan berkemah yang dapat pengunjung lakukan, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa kios dan artshop yang semakin menambah kuat kesan wisata di dalamnya.

Menariknya dibalik fenomena api abadi ini terdapat kisah legenda yang terkandung di dalamnya. Diceritakan bahwa api yang sekarang ini menyembur dari perut bumi adalah hasil kesaktian Ki Moko yang menancapkan tongkatnya di tanah untuk menerangi pelaksanaan pernikahannya yang telah menjelang malam.

Meski legenda tersebut begitu melekat dengan kepercayaan masyarakat setempat, faktanya semburan api diperkirakan terjadi akibat gesekan kandungan gas belerang yang tinggi dengan oksigen. Oleh karena itu, api tetap bisa menyala walau di tanah yang basah sekalipun.

Meski tempat wisata ini begitu unik dan menarik, sayangnya kawasan Api Tak Kunjung Padam bukanlah milik pemda setempat melainkan perorangan. Haji Ali selaku pemilik yang sekarang mengaku mendapati tanah tersebut dari warisan turun temurun. Objek wisata ini dibuka selama 24 jam. Untuk masuk kesana pengunjung akan dikenakan pungutan biaya parkir sebesar Rp 5.000 dan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Meski begitu tempat ini selalu ramai oleh pengunjung terutama pada akhir pekan. (AS)

Tag: Lokasi Api Tak Kunjung Padam, Fenomena Keajaiban Alam di Pamekasan, Objek Wisata Api Abadi di Madura, Legenda dibalik Api Tak Kunjung Padam, Alasan Ilmiah Fenomena Api Abadi di Madura, Tarif Masuk ke Lokasi Wisata Api Tak Kunjung Padam